Thursday, March 27, 2014

Kenyang naik kereta cepat Shinkansen dimulai sekarang......

Sebelum pergi ke Jepang, dg banyak pertimbangan akhirnya kami putuskan beli Japan Rail Pass (JR Pass); kartu langganan utk naik kereta, bus, ferry yg dimiliki jaringan Japan Rail (kayak KAI di Indonesia). Bisa naik berkali2 semaksimal yang boleh kita mau. (ingat hanya utk pelancong, beli online sebelum ke Jepang, banyak web yg nawarkan beserta terma dan syarat). Kami beli paket 7hari seharga USD 368/orang.   (ordinary, 7days, 28300 yen)
Hari ini dengan modal kiriman receipt dari JR Pass yg dikirim pos ke alamat kita, kita akan aktifkan mulai hari ini, banyak tempat yg bisa. Kita aktifkan di Ueno station, tunjukkan paspor beres alhamdulillah. 

Langsung seneng banget, explorasi Jepang dg naik shinkansen dimulai hari ini. Pertama kita mengarah ke utara, mau ketemu mas Hariyadi di Sendai dan hunting salju.

1st time naik shinkansen, asal ada shinkansen langsung naik aja. Di perjalanan baru berpikir, kami di gerbong dg tulisan "RESEVED", apa maksudnya ya? buka2 buku panduan. Jebul kita belum melakukan reservasi di kaunter (free benernya, tapi krn gaktahu). Dan, gerbong di kereta jepang pakai istilah: Car). Baru ngeh ada car reserved dan non-reserved. 

Station pertama berhenti di Saitama, kita turun dan cari car yg non-reserved, ayem dech gak was-was lagi kalo kursi punya orang lain. Di saitama ini, kami jumpa dg keluarga Japan yang baikan, sblm pisah cari2 kita (dalam car yang berbeda) utk ucap salam berpisah dan kasih coklat, subhanallah baiknya.

No comments:

Post a Comment