Thursday, March 27, 2014

Terowong bawah laut masuk Hakodate (Pulau Hokkaido)

Perjalanan Aomori (station di ujung utara Honshu Island) ke Hakodate (station ujung selatan Hokkaido Island) yang membuat terasa unik adalah masuk trowong bawah laut (tunnel) Tsugaru Strait 53.85km. Bagian paling dalam tunnel adalah 240 dibawah permukaan air laut (kedalaman laut/tepatnya selat adalah 140m plus tunnel berada 100m dibawah dasar laut). 
Kami ikut train kedua sebelum terakhir,sesuai dengan jadwal maka masuk-keluar tunnep pada jam 17.52-18.18 atau 25menit. Tapi karena di dalam tunnel gelap, tidak bisa lihat apa-apa. Kalau baca buku panduan JRPass, benernya ada station dalam tunnel yang kita boleh berhenti, tapi sehari hanya sekali dan karena malam dan kami pun mengejar waktu, takterpikir untuk berbuat demikian. 
  
Trett.....treettt... alhamdulillah sampailah akhirnya petualangan kami di Hokkaido Island. Train tiba di station Hakodate dah malam, sekira pukul 7 malam. Pilihan ada dua; cari hotel di Hakodate atau lanjut ke kota Sapporo sebagai pusat kota terbesar pulau Hokkaido. Pilihan utama adalah lanjut terus. Begitu keluar train kami langsung ke kaunter, dibilang petugas ada train terakhir yang sudah bersiap meninggalkan station untuk menuju Sapporo. Tak perlu pikir panjang, kami lari-lari menuju train yang dimaksud (padahal aturannya gakboleh lari di sation untuk menghindari suasana gaduh). 

Alhamdulillah masih terkejar bisa masuk ikut train Hakodate-Sapporo, langsung masuk dan duduk aja, masih terengah-engah, gakmikir car ini reserved or non reserved. Taklama, train langsung berangkat. Alhamdulillah katut juga ke Sapporo, legalah sudah. 

Kemudian tibalah saatnya ada pemeriksaan karcis oleh petugas. Subhanallah, petugas yang saya ambil fotonya ini (juga begitu biasanya yg saya jumpai) luar biasa ramah. Bukan hanya dengan kita, dengan orang lokal (walaupun kita tidak tahu bahasanya) terkesan sangat sangat ramah terhadap penumpang. Kita ditanya karcis gakbawa, hanya tunjukkan JRPass. Komunikasi agak susah, lalu beliau tunjukkan tulisan in English. 

Oh ternyata dia tanya kita dah reserved or tidak. Ternyata kami yg tidak reserved, salah duduk di car reserved. Lalu yg sangat super luar biasa, kami diantar ke car non-reserved (car no 1), subhanallah petugas suangat ramah dan baik hati. Dari car paling belakang (no 7) diantar ke car paling depan (no 1) 

Dalam perjalanan Hakodate-Sapporo kita booking hotel di Sapporo via internet. Alhamdulillah berhasil dapat hotel dekat dengan station Sapporo. Ayem dah.




No comments:

Post a Comment